SKRIPSI

Penulis / NIM
LUSIANA HASAN / 911409185
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK Lusiana Hasan. 911409185. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Debat Pada Mata Pelajaran Produktif Melakukan Prosedur Administrasi (MPA) Di kelas X APK. A SMK Negeri 1 Suwawa dibawah bimbingan Ibu Dra. Hj. Salma Bowtha., M.pd dan Bapak Roy Hasiru., S.pd., M.pd. Gorontalo. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Perkantoran, Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. 2013. Pelaksanaan penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah apakah dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Debat Pada Mata Pelajaran Produktif Melakukan Prosedur Administrasi (MPA) di Kelas X APK.A SMK Negeri 1 Suwawa Dapat Meningkat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian berjumlah 40 orang. Variabel penelitian terdiri dari variabel input, proses, dan output. Tahapan penelitian terdiri dari persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan, dan evaluasi, analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data yakni menggunakan instrumen penelitian berupa observasi dan tes. Teknik analisis data dilaksanakan secara kuantitatif serta menggunakan kriteria penilaian prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan, setelah dilaksanakan pada tindakan siklus I diperoleh siswa yang memperoleh nilai 75 keatas atau yang telah tuntas belajar berjumlah 18 siswa atau 45%, Sedangkan yang belum tuntas belajar atau yang memperoleh nilai 75 kebawah berjumlah 22 siswa atau 55% dan daya serap 67,25%. Hasil tersebut perlu dilanjutkan dengan siklus II. Pada siklus II siswa yang telah tuntas belajar sejumlah 23 siswa atau 57,5%, sedangkan sisanya berjumlah 17 siswa atau 42,5% dinyatakan belum tuntas dengan daya serap 76,25%. Hasil tersebut perlu dilanjutakn lagi dengan siklus III. Pada siklus III siswa yang telah tuntas belajar sejumlah 32 siswa atau 80%, sedangkan sisanya berjumlah 8 siswa atau 20% dinyatakan belum tuntas dengan daya serap 97,75%. Melihat hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus II sudah memenuhi kriteria keberhasilan, maka hipotesis yang berbunyi : “penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe debat berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Produktif Melakukan Prosedur Administrasi (MPA)”. Teruji dan terterima. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Debat.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011