Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Sri Selviyani Wahab, Nim: 911 409 189. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Melalui Metode Pemberian Tugas (Resitasi) Siswa Kelas XI IS1 SMA Negeri 2 Gorontalo”. Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Ibu Dra. Irina Popoi, S.Pd, M.Pd dan Dr. Irawaty Igirisa, M.Si.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode pemberian tugas (resitasi) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IS1 SMA Negeri 2 Gorontalo. Variabel penelitian terdiri dari variabel input, variabel proses dan variabel output. Objek berjumlah 29 orang siswa. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar observasi kegiatan guru dan kegiatan siswa serta tes hasil belajar yang dilakukan secara siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis tindakan yang dikemukakan diduga “Dengan digunakannya metode pemberian tugas (resitasi) dalam mata pelajaran akuntansi, maka hasil belajar siswa kelas XI IS1 SMA Negeri 2 Gorontalo akan meningkat”. Terbukti dan dapat diterima karena 1) siswa yang memperoleh hasil belajar minimal 7,5 saat observasi menjadi 44,82% siklus I dan meningkat lagi menjadi 79,31% hasil siklus II, 2) hasil pengamatan kegiatan guru yang termasuk kategori sangat baik dari 68,52% pada siklus I menjadi 81,25% pada siklus II, 3) hasil pengamatan kegiatan siswa yang termasuk kategori sangat baik dan meningkat dari 62,5% pada siklus I menjadi 75% pada siklus II.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa dan Metode Pemberian Tugas