SKRIPSI

Penulis / NIM
RANO AKUBA / 911409192
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ASNA ANETA, M.Si / 0027125907
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. MAHA ATMA KADJI, M.Si / 0013016605
Abstrak
ABSTRAK RANO AKUBA. NIM: 911 409 192. 2014, "Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) pada mata pelajaran IPS Ekonomi di kelas IX A SMP Negeri 1 Tilango Kabupaten Gorontalo ". Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2014. Pembimbing I, Prof. Dr. Hj. Asna Aneta., M.Si, Pembimbing II, Drs. Maha Atma Kadji., M.Si. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Tilango Kabupaten Gorontalo khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Ekonomi? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX A Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Ekonomi melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI). Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar yang dilakukan secara bersiklus. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisa untuk memperoleh rata-rata daya serap siswa guna mengetahui ketuntasan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Tilango Kabupaten Gorontalo tahun pelajaran 2013/2014 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Ekonomi. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari jumlah siswa 27 orang tedapat 15 siswa atau sekitar 55.56% yang memperoleh nilai 75 keatas, sedangkan 12 siswa atau sekitar 44.44% yang memperoleh nilai dibawah 75, menjadi 24 orang siswa atau sekitar 88,89% yang memperoleh nilai diatas 75, yang sisanya 3 orang siswa diramedial untuk memperoleh ketuntasan yang maksimal. Kata Kunci : Belajar Siswa dan Model Pembelajaran Group Invastigation
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011