Penulis / NIM
ULAN M. ANIS / 911410006
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK
Ulan M. Anis. NIM.911410006. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui
Model Pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran IPS
Terpadu Kelas VIII
I
SMP Negeri 13 Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan
Ekonomi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I
Dra. Irina Popoy, S.Pd.,M.Pd. dan pembimbing II Radia Hafid, S.Pd.,M.Si.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni "Apakah dengan penggunaan
model pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing hasil belajar siswa kelas VIII
1
SMP Negeri 13 Gorontalo pada mata pelajaran IPS Terpadu dapat meningkat?".
Tujuan penelitian yakni untuk meningkatkan hasil belajar siswapada mata pelajaran
IPS Terpadu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing
kelas VIII IPS
I
SMP Negeri 13 Gorontalo.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas.
Subjek penelitian berjumlah 29 orang. Variabel penelitian terdiri dari variabel input,
proses dan output. Tahapan penelitian terdiri dari persiapan, pelaksanaan tindakan,
pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yakni lembar pengamatan untuk
menilai kegiatan guru, lembar pengamatan untuk menilai kegiatan siwa, dan lembar
tes untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa. Teknik analisis data
dilaksanakan secara kuantitatif pada setiap akhir siklus pembelajaran dengan
menggunakan data hasil observasikegiatan guru dan aktivitas siswa serta data hasil
belajar siswa.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (a) Sebelum diadakan tindakan atau
penggunaan model pembelajaran snowball throwing hasil belajar siswa yang
memperoleh nilai 75 ke bawah atau yang dikategorikan belum tuntas yaitu dari 29
orang siswa hanya 11 orang siswa (37%) yang tuntas (37%) dan 18 orang siswa
(63%) yang mendapatkan nilai belum tuntas. (b) Pada tindakan kelas siklus I hasil
belajar mata pelajaran IPS terpadu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif
snowball throwing pada siswa kelas VIII
1
SMP Negeri 13 Kota Gorontalo meningkat
menjadi 21 orang (72%) yang mendapatkan nilai tuntas. (c) Pada tindakan kelas
siklus II hasil belajar mata pelajaran IPS terpadu melalui penerapan model
pembelajaran kooperatif snowball throwing pada siswa kelas VIII
1
SMP Negeri 13
Kota Gorontalo meningkat menjadi 26 orang siswa (86%) yang mendapatkan nilai
tuntas.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Snowball Throwing
Download berkas