SKRIPSI

Penulis / NIM
WIWIN UMAR / 911410012
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. YULIANTO KADJI, M.Si / 0013076704
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. RUSLI ISA, M.Si / 0006076604
Abstrak
ABSTRAK WIWIN UMAR NIM 911 410 012 " Pengaruh Kompetensi Profesioanal Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu ". Program studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi , Universitas Negeri Gorontalo di bawah bimbingan prof. Dr. Yulianto Kadji M.Si dan Dr. Rusli Isa, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh kompetensi profesioanal guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jumlah sampel 37 orang. Identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah Siswa yang berprestasi diberbagai bidang pembelajaran masih minim diantaranya karena kurangnya kesadaran siswa dalam mencapai tujuan belajarnya, masih terdapat guru yang mengajar tidak sesuai dengan disiplin ilmu, keterbatasannya pengetahuan guru dalam penyampaian materi dan penguasaan terhadap metode pembelajaran, serta belum ada upaya penanggulangan kendala-kendala siswa dalam meraih prestasi dalam pembelajaran. Berdasarkan simpulan yang diperoleh dalam penelitian ini bahwa dari hasil penelitian yang dilakukan, siswa-siswa SMP Negeri 9 Kota Gorontalo secara keseluruhan Dari data penelitian menunjukan bahawa siswa SMP Negeri 9 Kota Gorontalo 20 % mengerti dengan metode diskusi yang digunakan oleh guru IPS dalam pembelajaran, 43,33% siswa mengerti dan paham terhadap materi jika guru menggunakan media berupa alat peraga, dan 36,67% siswa mengerti dan paham terhadap materi yang diajarkan apabila dalam pembelajaran guru IPS menggunakan metode diskusi dan media berupa alat peraga untuk menunjang pembelajaran di dalam kelas. Pengaruh kompetensi profesional guru IPS di SMP Negeri 9 Kota Gorontalo terhadap prestasi belajar siswa sebesar 56,25 % dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yaitu kondisi kesehatan, lingkungan sekolah, kinerja guru, kondisi lingkungan tempat tinggal, dan lain-lain. Kata Kunci :Kompetensi Profesional Guru dan Prestasi Belajar Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011