SKRIPSI

Penulis / NIM
ASMAWATI S. APE / 911410018
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak

ABSTRAKAsmawati  S. Ape. Nim. 911410018 “Meningkatkan Hasil Belajar siswa  pada mata pelajaran ekonomi melalui penggunaan model pembelajaran koopeatif tipe make a match di kelas XI IPS3 SMA Negeri 1 Botumoito. Kosentrasi pendidikan akuntansi, program studi pendidikan ekonomi, jurusan pendidikan ekonomi, fakultas ekonomi dan bisnis. Universitas Negeri Gorontalo. Pembibing 1 Ibu Meyko  Panigoro,S.Pd,.M.Pd dan pembibing II Bapak  Agil Bachsoan, S.Ag,.M.Ag.Pelakasanaan penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah apakah  dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI IPS3 SMA Negeri 1 Botumoito kabupaten Boalemo. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian berjumlah  23 orang laki-laki berjumlah 10 orang dan perempuan berjumlah 13 orang. Variabel  peneliti terdiri dari variable  input, proses, dan output. Tahapan peneliti terdiri dari  persiapan, pelaksanaan  tindakan, pemantauan,  evaluasi, analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data  dilkasnakan secara  kuantitatif serta meggunakan kriteria penilaian prestasi belajar.Sebagai kesimpulan dari peneliti ini adalah hipotesis peneliti yang berbunyi: jika menggunakan  model pembelajaran tipe make a match  pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS3 SMA Negeri 1 Botumoito kabupaten Boalemo, maka hasil belajar siswa dapat meningkat. Dapat diterima karena didukung dengan  hasil tindakan dan nalai analisis  data :1) siswa yang memperoleh hasil belajar minimal 75 meningkat  dari 60,87 % hasil observasi awal menjadi 69,87 % hasil siklus 1 dan meningkat lagi menjadi 91,30% hasil siklus II,2) hasil pengamatan kegiatan guru yang termasuk pada kategori sangat baik dan  meningkat dari  23,07 % siklus 1 menjadi 61,54% pada siklus II, dan 3) hasil pengamatan kegiatan siswa yang termasuk pada kategori sangat baik  22,22 % siklus 1, meningkat menjadi 55,56 % pada siklus II.Kata kunci : hasil belajar siswa, model make a match.

Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011