SKRIPSI

Penulis / NIM
YULIANTI I. POMUATO / 911410019
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
SRI INDRIYANI S DAI, SE, ME / 0024018402
Abstrak
ABSTRAK Yulianti I. Pomuato. NIM. 911 410 019 "Pengaruh Kondisi Ekonomi Keluarga terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMP Negeri 1 Gorontalo".Skripsi.Konsentrasi perkantoran.Jurusan pendidikan ekonomi program studi pendidikan ekonomi.Fakultas ekonomi dan bisnis.Universitas negeri gorontalo. 2014. Pembimbing I Dr. Hamzah Yunus.,M.Pd, dan pembimbing II Sri Indriyani S. Dai,SE, ME. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kondisi ekonomi keluarga terhadap motivasi belajar siswa Di SMP Negeri 1 Gorontalo.Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan desain penelitian kuantitaif.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Gorontalo mulai dari tanggal 10 April 2014 sampai dengan 12 juni 2014.Pengambilan sampel dilakukan dengan Random Sampling (pengambilan secara acak).Sampel penelitian ini berjumlah 70 siswa (20 % dari jumlah populasi).Variabel dari penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu variabel X (kondisi ekonomi keluarga) dan variabel Y (motivasi belajar siswa). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan angket kepada siswa-siswi sebagai responden.Metode yang digunakan adalah korelasi dan koefisien determinasi dengan taraf 5 %.Dari hasil perhitungan dengan menggunakan rumus korelasi dan koefisien determinasi maka, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat korelasi atau pengaruh positif yang signifikan antara kondisi ekonomi keluarga terhadap motivasi belajar siswa. Dimana siswa yang orang tuanya mempunyai status ekonomi yang tinggi (memadai), maka siswa tersebut akan mempunyai motivasi belajar yang tinggi pula untuk lebih giat dalam belajar. Karena orang tua mereka akan sangat memperhatikan kebutuhan belajar bagi anak-anaknya, sedangkan bagi siswa yang orang tuanya mempunyai status ekonomi rendah, maka siswa tersebut akan sulit untuk mendapatkan motivasi belajar yang tinggi dikarenakan adanya kebutuhan lain yang harus didahulukan, yakni kebutuhan hidup. Kata Kunci: Kondisi Ekonomi Keluarga dan Motivasi Belajar Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011