Penulis / NIM
JEFRI M. AHMAD / 911410021
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
Hj. IRAWATI ABDUL, SE, M.Si / 0009027402
Abstrak
ABSTRAK
Jefri M. Ahmad, 2015. Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Di SMA Negeri 4 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Bapak Dr. H. Usman Moonti., M.Si dan Pembimbing II Ibu Hj. Irawati Abdul, SE., M.Si.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Aktivitas BeLajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Di SMA Negeri 4 Gorontalo. Sementara itu yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Aktivitas BeLajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Di SMA Negeri 4 Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jumlah populasi 140 orang siswa, dari populasi dilakukan pengambilan sampel sebesar 35 orang. Adapun tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Analisis Regresi dan untuk mengukur tingkat signifikansi dan linieritas persamaan regresi dengan menggunakan rumus uji linieritas dan uji keberatian dan dilanjutkan dengan analisis Koefisiensi Korelasi. Dengan variabel X yaitu Pengelolaan Kelas, dan variabel Y yaitu Aktivitas Belajar Siswa. Sesuai dengan metode penelitiannya, maka data yang telah diperoleh dari penyebaran angket yang dianalisis secara statistik dengan menggunakan uji regresi dan korelasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasannya, penulis dapat menyimpulkan bahwa "Terdapat Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Aktivitas Belajar Siswa". Hal ini terlihat dimana Pengaruh Pengelolaan Kelas sebesar 46,24%, dengan demikian hipotesis menyatakan bahwa H1 diterima sedangkan H0 ditolak.
Kata Kunci : Pengelolaan Kelas dan Aktivitas Belajar Siswa
Download berkas