Penulis / NIM
RISNA SAMAUN / 911410024
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
Risna Samaun, NIM 911410024. "Aktivitas Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pemberian Tugas Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi di Kelas IX.B SMP Negeri 3 Batudaa Pantai" di bawah bimbingan Drs. Hamzah Yunus, M.Pd sebagai pembimbing I dan Roy Hasiru, S.Pd, M.Pd sebagai pembimbing II, 2014. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2014.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode pemberian tugas pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hipotesis penelitian adalah "jika guru menggunakan metode pemberian tugas pada mata pelajaran IPS Ekonomi, maka aktivitas belajar siswa pada kelas IXb SMP Negeri 3 Batudaa Pantai pada mata pelajaran IPS akan meningkat", dengan indikator penelitian : dimana bila siswa memperoleh nilai atau hasil belajar mengalami ketuntasan yaitu 70 akan meningkat dari 31,85% menjadi 80%.
Aktivitas belajar yang belum sesuai target yang diharapkan antara lain disebabkan oleh beberapa aspek kegiatan guru yang belum terlaksana secara optimal pada siklus I. setelah dilakukan perbaikan dan penyempurnaan aspek-aspek kegiatan belajar mengajar, pada siklus II terjadi peningkatan berdasarkan pada hasil pengamatan pelaksanaan siklus II yang menunjukkan bahwa dari 19 siswa dikelas IXb Negeri 3 Batudaa Pantai tahun 2013/2014 yang dikenai tindakkan 18 orang (94,74%) denga nilai 7,0 ke atas dan 1 orang siswa (5,26%) memperoleh nilai kurang dari 7,0
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pemberian tugas dalam pembelajaran IPS Ekonomi dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar Siswa, Metode Pemberian Tugas
Download berkas