Penulis / NIM
NOFARIA / 911410025
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK
Nofaria, NIM 911 410 025. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Melalui Model Pembelajaran Cooperative Script pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VIIb SMP Negeri 11 Gorontalo Kota Gorontalo. Skripsi. Dibawah Bimbingan Ibu Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd Dan Ibu Radia Hafid, S.Pd, M.si. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2014
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hipotesis penelitian adalah "jika menggunakan pembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran IPS, maka hasil belajar siswa pada kelas VIIb SMP Negeri 11 kota gorontalo akan meningkat", dengan indikator penelitian : dimana bila siswa memperoleh nilai atau hasil belajar mengalami ketuntasan yaitu 75 akan meningkat dari 40% menjadi75%.
Penelitian observasi awal yang didapatkan peneliti dimana dari 27 orang jumlah siswa di kelas VIIb hanya 11 orang siswa yang tuntas atau 40% dan siswa yang belum tuntas 16 orang siswa atau 60%.Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script, hasil belajar siswa pada siklus I menunjukan adanya peningkatan dari observasi awal yaitu dari jumlah siswa 27 orang yang mendapatkan nilai 75 ke atas adalah 13 orang atau 48,15%. Sedangkan yang mendapatkan nilai 75 ke bawah sebanyak 14 orang atau 51,85% dengan rata-rata daya serap 77,04, akan tetapi belum mencapai indikator yang ditetapkan oleh guru peneliti karena hasil belajar yang belum sesuai target yang diharapkan antara lain di sebabkan oleh beberapa aspek kegiatan guru yang belum terlaksana secara optimal pada siklus I. Setelah di lakukan perbaikan dan penyempurnaan aspek-aspek kegiatan belajar mengajar maka pada siklus II menunjukan terjadi peningkatan hasil belajar siswa, berdasarkan pada hasil pengamatan pelaksanaan siklus II dari 27 orang siswa yang mendapatkan nilai 75 ke atas sebanyak 21 orang siswa atau 77,78%, sedangkan yang memperoleh nilai dibawah 75 berjumlah 6 orang siswa atau 22,22% dari 27 siswa kelas VIIb dengan rata-rata daya serap 81,18.
Dengan demikian pada siklus II telah mencapai indikator yang telah ditetapkan dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan data analisis nilai yang diperoleh dengan menggunakan model pembelajaran Cooperaive Script pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Cooperative Script
Download berkas