Penulis / NIM
NURBAYA / 911410026
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Ir. SYARWANI CANON, M.Si / 0024076506
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARDI NANI, SE., M.Si / 0017077601
Abstrak
ABSTRAK
Nurbaya. 2014. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VII.4 SMP Negeri 6 Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi Konsentrasi Akuntansi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Dr. Ir. Syarwani Canon, M.Si dan Pembimbing II Bapak Supardi Nani, SE.,M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuantitatif, yaitu metode secara sistematis menggambarkan pengaruh antara status sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karakteristik yang berkaitan dengan status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar siswa dengan anggota populasi adalah seluruh siswa kelas VII.4 SMP Negeri 6 Gorontalo Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 34 orang dan menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 34 siswa.
Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari status sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar siswa. Pengaruh variabel status sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar siswa sebesar 74,0%. Hal ini dapat dilihat dengan dapat diterimanya hipotesis sebesar 9,55 yang menyatakan bahwa status sosial ekonomi orang tua berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. Bahwa status sosial ekonomi orang tua mempengaruhi tinggi rendahnya motivasi belajar siswa.
Dengan demikian diharapkan orang tua memberikan atau menyediakan fasilitas yang dibutuhkan anaknya untuk dapat mendorong motivasi belajarnya dan memperhatikan aktivitas belajar anaknya di rumah.
Kata Kunci: Status Sosial Ekonomi, Motivasi Belajar
Download berkas