SKRIPSI

Penulis / NIM
NURLAILA DJAILANI / 911410028
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Drs. ABDUL RAHMAN PAKAYA, M.Si / 0020125810
Pembimbing 2 / NIDN
FRAHMAWATI BUMULO, SE.,M.Si / 0031127801
Abstrak
ABSTRAK Nurlaila Djailani, Pengaruh Variasi Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII SMP Negeri 4 Gorontalo, Skripsi, Gorontalo, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo, Tahun 2014. Tujuan penelitian ini yaitu untuk untuk mengukur besarnya pengaruh variasi mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMP Negeri 4 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Gorontalo berjumlah 207 orang yang terdiri atas 6 kelas/rombongan belajar. Sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik stratified random sampling. Dari keenam kelas/rombongan belajar yang ada diundi untuk menentukan kelas sampel. Bedasarkan hasil undian diperoleh hasil kelas VIII1 sebagai kelas sampel. Jumlah siswa dari kelas tersebut berjumlah 36 orang. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan angket (kuesioner). Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah pengujian regresi linier sederhana yaitu = a + bX dan pengujian korelasi linier sederhana. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMP Negeri 4 Gorontalo. Hal ini disebabkan pada hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi yaitu = 14,82 + 0,49X. Persamaan ini mengandung makna bahwa setiap terjadi perubahan (penurunan atau peningkatan) sebesar 14,82 unit pada variabel variasi mengajar guru maka akan diikuti oleh perubahan (penurunan atau peningkatan) rata-rata sebesar 0,49 unit pada variabel motivasi belajar siswa. Sedangkan pada hasil pengujian korelasi linier sederhana diperoleh 10,89%. Pada hasil perhitungan mengandung makna bahwa derajat pengaruh antara variasi mengajar guru dan motivasi belajar siswa sebesar 10,89%. Dalam arti bahwa 10,89% variasi yang terjadi pada motivasi belajar siswa dapat dijelaskan oleh variasi mengajar guru. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin baik penerapan variasi mengajar guru maka semakin tinggi motivasi siswa untuk belajar. Artinya penerapan variasi mengajar guru sangat perlu dilakukan agar mampu memotivasi siswa dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya. Oleh karena itu, perlu adanya interaksi berupa umpan balik antara guru dan siswa selama proses belajar mengajar berlangsung yaitu siswa hanya berfokus pada materi yang disampaikan oleh guru. Kata Kunci: Variasi Mengajar Guru dan Motivasi Belajar Siswa.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011