Penulis / NIM
BADRIA BASIRU / 911410030
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Ir. SYARWANI CANON, M.Si / 0024076506
Pembimbing 2 / NIDN
IDHAM MASRI ISHAK, SE, M.Si / 0023047702
Abstrak
ABSTRAK
Badria Basiru, Nim 911 410 030. Skripsi 2014 "Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 8 Kota Goronalo". Di bawah bimbingan oleh bapak Dr. Ir. Syarwani Canon, M.Si dan Idham Masri Ishak, SE. M.Si. Selaku pembimbing I dan Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif, yaitu metode secara sistematis menggambarkan pengaruh antara disiplin belajar dengan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Gorontalo yang berjumlah 289 dan menjadi sampel 75.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dengan diterimanya hipotesis yang menyatakan bahwa disiplin belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu. Berdasarkan nilai koefisien determinasi menunjukkan bahwa 26,01% dipengaruhi oleh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa dan sisanya 73,99% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak didesain dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Disiplin Belajar, Hasil Belajar Siswa
1Badria Basiru Mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Negeri Gorontalo.
Download berkas