Penulis / NIM
MEGAWATI NUSI / 911410037
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
Megawati Nusi. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif TipeTwo Stay Two Stray (TSTS) Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Di SMANegeri 1 Botumoito Kabupaten Boalemo. Skripsi, Gorontalo: Fakultas Ekonomi dan Bisnis. UniversitasNegeriGorontalo. 2014.Pembimbing I Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd dan Pembimbing II Agil Bahsoan, S.Ag.,M.Ag.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan apakah penggunaan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi di SMA Negeri 1 Botumoito Kabupaten Boalemo dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Hipotesis pada penelitian ini adalah jika digunakan model pembelajaran kooperatiftipeTwo Stay Two Stray (TSTS) pada mata pelajaran IPS Ekonomi di SMA Negeri 1 Botumoito Kabupaten Boalemo, maka hasil belajar siswa dapat meningkat, dengan indikator kerja adalah jumlah siswa yang mencapai keberhasilan belajar minimal 80 mencapai 80%.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Dalam penelitian ini terdapat 3 variabel yang digunakan yaitu variabel input, variabel proses dan variabel output. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Botumoito yang berjumlah 24 siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi, wawancara dan pemberian tes.
Sebagai kesimpulan dari penelitian adalah 1). Setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatiftipe Two Stay Two Stray, jumlahsiswa yang memperolehnilai minimal 80meningkatdari 37.5% saat observasi awal menjadi 62.5% hasil siklus I dan meningkat lagi menjadi 83.33% setelah siklus II. 2). Kegiatan guru yang termasuk pada kategori sangat baik dan baik meningkat dari 61.11% hasil siklus I menjadi 91.67% hasil siklus II. 3). Kegiatan siswa yang termasuk pada kategori sangat baik dan baik meningkat dari 60% hasil siklus I menjadi 86.67% hasil siklus II.
Kata Kunci : Pembelajaran kooperatif tipeTwo Stay Two Stray (TS-TS), Hasil Belajar
Download berkas