Penulis / NIM
MUKHLIS BASUNI / 911410038
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
RAFLIN HINELO, S.Pd.,M.Si / 0018067304
Pembimbing 2 / NIDN
ROBIYATI PODUNGGE, S.Pd., MAP / 0020058003
Abstrak
ABSTRAK
MUKHLIS BASUNI, 2015. Komparasi hasil belajar siswa melalui penggunaan media LCD dan Chart pada pelajar IPS Ekonomi pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 01 Boliyohuto. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Bapak Raflin Hinelo, Spd.,M.si dan Pembimbing II Ibu Robiyati Podungge, Spd.,M.AP.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana komparasi hasil belajar siswa melalui penggunaan media LCD dan Chart pada mata pelajaran IPS Ekonomi pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 01 Boliyohuto. Sementara itu yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa melalui penggunaan media LCD dan Chart pada mata pelajaran IPS Ekonomi pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 01 Boliyohuto.
Penelitian ini menggunakan metode PTK, dengan jumlah populasi 113 orang siswa, dari populasi dilakukan pengambilan sampel sebanyak dua kelas dengan jumlah siswa masing-masing kelas 22 orang siswa yaitu kelas VIII B dan kelas VIII C. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data frekuensi pos test (X1=menggunakan media pembelajaran LCD dan X2= menggunakan media pembelajaran Chart).
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasannya, penulis dapat menyimpulkan bahwa: Dari 22 sampel yang menggunakan media pembelajaran LCD di kelas VIII B, siswa dapat belajar dengan baik dengan nilai rata-rata 82,59, dari 22 sampel yang menggunakan media pembelajaran Chart di kelas VIII C, pembelajaran yang dilakukan siswa kurang efektif dengan nilai rata-rata 68,68, dengan demikian, ada perbandingan antara media pembelajaran LCD dengan media pembelajaran Chart.
Kata kunci : Komparasi Hasil Belajar Siswa media LCD dan Chart
Download berkas