SKRIPSI

Penulis / NIM
HEROL HANSEN SAMIN / 911410039
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. MAHA ATMA KADJI, M.Si / 0013016605
Pembimbing 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK Herol Hansen Samin, NIM 911 410 039. "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Di Kelas XI IPS2 SMA Negeri 1 Telaga Biru". Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing IDrs. Maha Atma Kadji, M.Si, Radia Hafid, S.Pd, M.Si. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan rumusan masalah "Apakah dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA N. 1 Telaga Biru Kelas XI IPS2 Kabupaten Gorontalo?". Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI IPS2 SMA N. 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Hipotesis penelitian adalah "Jika digunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran IPS ekonomi, maka hasil belajar siswa kelas XI IPS2 meningkat", dengan indikator penelitian : dimana bila siswa memperoleh nilai atau hasil belajar mengalami ketuntasan yaitu 80 akan meningkat dari 32.26%menjadi 80%. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMA N. 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo, dengan objek penelitian adalah siswa kelas XI IPS2 tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 31 siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 (dua) siklus. Variabel output dari penelitian ini berupa meningkatnya hasil belajar siswa kelas XI IPS2yang memperoleh nilai 80 keatas pada mata pelajaran IPS Ekonomi dari 32.26% menjadi minimal 80%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan selama 2 (dua) siklus, proses pembelajaran dengan menggunakan metode Numbered Heads Together (NHT) meningkatkan hasil belajar siswa dimana pada observasi awal dari jumlah 31 orang siswa hanya 32.26% siswa yang mendapat hasil belajar tuntas dengan nilai rata-rata diatas 80%. Pada saat model pembelajaran dirubah dari ceramah menjadi metode Numbered Heads Together, hasil belajar siswa pada siklus I menunjukan nilai rata-rata kelas mencapai 41.94% dan ketuntasan presentase 58.06%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 82.13% dan ketuntasan presentase 90.32%. Sehingga penelitian ini dapat di terima. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Metode Pembelajaran Numbered Heads Together.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011