Penulis / NIM
SRI SITI B HENGA / 911410045
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MUHAMMAD AMIR ARHAM, M.E. / 0025077203
Pembimbing 2 / NIDN
BOBY RANTOW PAYU, S.Si, ME / 0022088302
Abstrak
ABSTRAK
Sri Siti B. Henga. Nim. 911 410 045. Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu ( Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Bolangitang Barat ). Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Bapak Dr. Muh. Amir Arham, S.Pd, ME dan Pembimbing II Bapak Boby Rantow Payu, S.Si, ME.
Permaslahan dalam Penelitan ini adalah Seberapa Besar Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Pada Kelas VII Di SMP Negeri 1 Bolangitang Barat. Yang menjadi tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui Sejauh Mana Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Dikelas VII Di SMP Negeri 1 Bolangitang Barat.
Dalam penelitian ini, menggunakan metode kuantitatif, dengan jumlah populasi 60 orang siswa. Karena populasi kurang dari 100 orang maka yang dijadikan sampel adalah seluruh siswa berjumlah 60 orang. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Analisis Regresi. Dengan Variabel X Pengelolaan Kelas dan Variabel Y Aktivitas Belajar Siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan penulis dapat menyimpulkan bahwa Pengelolaan Kelas Berpengaruh Terhadap Aktivitas Belajar Siswa. Dengan demikian besar pengaruh pengelolaan kelas terhadap aktivitas belajar siswa cukup tinggi yakni mencapai 41,1%. Adapun pengaruh faktor lain (misalnya fasilitas belajar, cara guru mengajar, materi yang diajarkan, dll) terhadap aktivitas belajar siswa sebesar 58,9%.
Kata Kunci: Pengelolaan Kelas dan Aktivitas Belajar Siswa.
Download berkas