Penulis / NIM
ANITA / 911410046
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
Anita, NIM 911 410 046. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas X-7 SMA Negeri 2 Gorontalo. Skripsi. Dibawah Bimbingan Meyko Panigoro S.Pd.,M.Pd Dan Bapak Agil Bahsoan S,Ag.M.Ag Dan Penguji Ibu Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd Dan Bapak Ivan Rahmat Santoso, SE,I, MSI. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2014.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing pada mata pelajaran IPS Ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hipotesis penelitian adalah "jika menggunakan model pembelajaran Role Playing pada mata pelajaran IPS Ekonomi, maka hasil belajar siswa pada kelas X-7 SMA Negeri 2 Gorontalo akan meningkat", dengan indikator penelitian : dimana bila siswa memperoleh nilai atau hasil belajar mengalami ketuntasan yaitu 75 akan meningkat dari 32,26% menjadi 85%.
Hasil belajar yang belum sesuai target yang diharapkan antara lain disebabkan oleh beberapa aspek kegiatan guru yang belum terlaksana secara optimal pada siklus I. setelah dilakukan perbaikan dan penyempurnaan aspek-aspek kegiatan belajar mengajar, pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan pada hasil pengamatan pelaksanaan siklus II yang menunjukkan bahwa dari 31 siswa dikelas x-7 SMA Negeri 2 Gorontalo tahun 2013/2014 yang dikenai tindakkan memperoleh nilai 75 keatas terdapat 27 orang siswa (87,10%) dengan rata-rata 76,78%. Berdasarkan data analisis nilai yang diperoleh dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing pada mata pelajaran IPS Ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Role Playing.
Download berkas