SKRIPSI

Penulis / NIM
ANDI HUSAIN TEGELON / 911410049
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MUHAMMAD AMIR ARHAM, M.E. / 0025077203
Pembimbing 2 / NIDN
IVAN RAHMAD SANTOSO, SE.I, MSI / 0002098302
Abstrak
ABSTRAK Andi H. Tegelon, 2015. Pengaruh Keterampilan Memberi Penguatan Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Sangtombolang Kabupaten Bolaang Mongondow. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Dr. Muh. Amir Arham.,ME dan Pembimbing II Bapak Ivan R. Santoso, SEI., M.Si. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Bagaimana Pengaruh Keterampilan Memberi Penguatan Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Sangtombolang Kabupaten Bolaang Mongondow. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan keterampilan memberi penguatan guru berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Sangtombolang Kabupaten Bolaang Mongondow Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jumlah populasi 120 orang siswa, dari populasi dilakukan pengambilan sampel sebesar 25% atau 30 orang. Adapun tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi dan untuk mengukur tingkat signifikansi dan linieritas persamaan regresi dengan menggunakan rumus uji linieritas dan uji keberartian dan dilanjutkan dengan analisis Koefisiensi Korelasi. Dengan variabel X yaitu Keterampilan Memberi Penguatan guru, dan variabel Y yaitu Motivasi Belajar Siswa. Sesuai dengan metode penelitiannya, maka data yang telah diperoleh dari penyebaran angket yang dianalisis secara statistik dengan menggunakan uji regresi dan korelasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasannya, peneliti dapat menyimpulkan bahwa "keterampilan memberikan penguatan guru berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa". Hal ini terlihat dimana keterampilan memberikan penguatan guru sebesar 40,96%, dengan demikian hipotesis menyatakan bahwa H1 diterima sedangkan H0 ditolak. Kata Kunci : Keterampilan Penguatan dan Motivasi Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011