Penulis / NIM
ARHAM MANOPO / 911410051
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
FITRI HADI YULIA AKIB, SE, ME / 0025078201
Abstrak
ABSTRAK
ARHAM MANOPO, 2014. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Di Kelas VIII SMP Negeri 5 Dumoga Kabupaten Bolaang Mongondow. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Bapak Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd dan Pembimbing II Ibu Hj. Fitri Hadi Yulia Akib, SE.,ME.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Aktivitas BeLajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Di Kelas VIII SMP Negeri 5 Dumoga Kabupaten Bolaang Mongondow. Sementara itu yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Aktivitas BeLajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Di Kelas VIII SMP Negeri 5 Dumoga Kabupaten Bolaang Mongondow.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jumlah populasi 122 orang siswa, dari populasi dilakukan pengambilan sampel sebesar 35 orang dengan cara Simple Random Sampling. Adapun tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Analisis Regresi dan untuk mengukur tingkat signifikansi dan linieritas persamaan regresi dengan menggunakan rumus uji linieritas dan uji keberatian dan dilanjutkan dengan analisis Koefisiensi Korelasi. Dengan variabel X yaitu Penggunaan Model Pembelajaran STAD, dan variabel Y yaitu Aktivitas Belajar Siswa. Sesuai dengan metode penelitiannya, maka data yang telah diperoleh dari penyebaran angket yang dianalisis secara statistik dengan menggunakan uji regresi dan korelasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasannya, penulis dapat menyimpulkan bahwa "Penggunaan Model Pembelajaran STAD Berpengaruh Terhadap Aktivitas Belajar Siswa". Hal ini terlihat dimana Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran STAD sebesar 46,24%, dengan demikian hipotesis menyatakan bahwa H1 diterima sedangkan H0 ditolak.
Kata Kunci : Model Pembelajaran STAD dan Aktivitas Belajar Siswa
Download berkas