Penulis / NIM
RAFLIN PUABENGGA / 911410052
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
Raflin Puabengga 2017 Nim 911 410 052. "meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw pada mata pelajaran ekonomi kelas xi ips di man batudaa". Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Usman Moonti, M.Si selaku pembimbing 1 dan Bapak Roy Hasiru S.pd M.pd selaku pembimbing II. Bapak Drs. Rusli Isa M.Si selaku penguji 1 dan Ibu Melizubida Mahmud S.Pd, M.Si selaku penguji II.
Tujuan penelitian untuk mengetahui, apakah dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS MAN Batudaa dapat meningkatkan hasil belajar siswa .Hasil belajar yang belum sesuai target yang diharapkan antara lain disebabkan oleh beberapa aspek kegiatan mengajar guru yang belum terlaksana secara optimal pada siklus I. setelah dilakukan perbaikan dan penyempurnaan aspek-aspek kegiatan belajar mengajar siswa yang memperoleh hasil belajar meningkat . sesuai dengan yang dilakukan oleh peneliti pada observasi awal siswa yang tuntas hanya sekitar (35,49%),katika diterapkan dalam pembelajran kooperatif tipe jigsaw yang di bagi dalam dua siklus mengalami peningkatan di mana pada siklus I ketuntasan meningkat menjadi (54,83 %) serta pada siklus II meningkat lagi menjadi (87,09 %), dengan daya serap siswa (75,61%).
Kata kunci: Hasil Belajar Siswa, Metode Pembelajaran Kooperatif
Learning Tipe Jigsaw
Download berkas