Penulis / NIM
MOHAMAD GUNTUR SUNE / 911410064
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstrak
ABSTRAK
Mohamad Guntur Sune, 2016. Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 1 Bolangitang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Dr. H. Usman Moonti., M.Si dan Pembimbing II Bapak Rustam Tohopi, S.Pd., M.Si
Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Bagaimana Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 1 Bolangitang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Sementara itu yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Bolangitang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jumlah populasi 120 orang siswa, dari populasi dilakukan pengambilan sampel sebesar 25% atau 30 orang. Adapun tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi dan untuk mengukur tingkat signifikansi dan linieritas persamaan regresi dengan menggunakan rumus uji linieritas dan uji keberartian dan dilanjutkan dengan analisis Koefisiensi Korelasi. Dengan variabel X yaitu Pembelajaran CTL, dan variabel Y yaitu Hasil Belajar Siswa. Sesuai dengan metode penelitiannya, maka data yang telah diperoleh dari penyebaran angket yang dianalisis secara statistik dengan menggunakan uji regresi dan korelasi.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa Pembelajaran CTL memberikan pengaruh yang besar terhadap peningkatan Hasil Belajar Siswa ini dapat dilihat dari hasil perhitungan persamaan regresi diperoleh = 30,50 + 0,60X, hal ini berarti setiap terjadi perubahan sebesar satu unit Variabel X, maka akan diikuti oleh perubahan rata-rata Variabel Y. Dengan demikian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berpengaruh Positif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Bolangitang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.
Kata Kunci : Pembelajaran CTL dan Hasil Belajar
Download berkas