Penulis / NIM
RIFLI YUSUP / 911410065
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK
Rifli Yusup, 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing(ST) Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IX SMP Negeri 3 SATAP Bolango Ulu. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. H. Rosman Ilato., M,Pd, Pembimbing II Radia Hafid, S.Pd, M.Si.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam bentuk penelitian tindakan kelas dengan rumusan masalah: Apakah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Snowball (ST) Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IX SMP Negeri 3 SATAP Bolango Ulu dengan subjek penelitian adalah siswa yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus. Variabel output dari penelitian ini berupa meningkatnya hasil belajar siswa kelas IX yang memperoleh nilai 80 pada mata pelajaran IPS meningkat dari 40% menjadi minimal 80%.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus, proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball (ST) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dimana pada observasi awal siswa yang berjumlah 20 orang, hanya 40% siswa yang mendapat hasil belajar tuntas dengan nilai rata-rata 61,25. Pada saat model pembelajaran dirubah dari ceramah menjadi model pembelajaran kooperatif tipe Snowball (ST), hasil belajar siswa meningkat menjadi 72,40 (65% siswa dengan kriteria belajar tuntas) pada siklus I dan 85,10 (90% yang tuntas belajar) pada siklus II.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa dan Pembelajaran Snowbal
Download berkas