Penulis / NIM
SRIWAHYUNI IGIRISA / 911410066
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
FITRI HADI YULIA AKIB, SE, ME / 0025078201
Abstrak
ABSTRAK
Sri Wahyuni Igirisa. 2014. Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo.Dibawah Bimbingan Bapak Dr. Hamzah Yunus, M.Pd. dan Ibu Fitri Hadi Yulia Akib, S.E.,ME.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Apakah terdapat pengaruh antara pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X SMA Negeri 2 Dumoga Kabupaten Bolaang Mongondow?. Sementara itu yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 2 Dumoga Kabupaten Bolaang Mongondow.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jumlah populasi 61 orang siswa, dari populasi dilakukan pengambilan sampel sebesar 31 orang dengan cara proportional sampling. Adapun tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Analisis Regresi dan untuk mengukur tingkat signifikan dan linieritas persamaan regresi dengan menggunakan rumus uji linieritas dan uji keberartian dan dilanjutkan dengan analisis korelasi. Dengan variabel X Pengelolaan Kelas dan variabel Y yaitu Motivasi Belajar Siswa. Sesuai dengan penelitiannya, maka data yang yang telah diperoleh dari penyebaran angket yang dianalisis secara statistik dengan menggunakan uji regresi dan korelasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasannya, penulis dapat menyimpulkan bahwa "Pengelolaan Kelas Berpengaruh positif Terhadap Motivasi Belajar Siswa". Hal ini terlihat dimana pengaruh pengelolaan kelas sebesar 12,96%. dengan demikian hipotesis menyatakan bahwa H1 diterima sedangkan H0 ditolak.
Kata kunci: Pengelolaan Kelas dan Motivasi Belajar Siswa
Download berkas