Penulis / NIM
MEYSKE IBRAHIM / 911410071
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
HERWIN MOPANGGA, SE, M.Si / 0024037803
Abstrak
ABSTRAK
MEISKE IBRAHIM, Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII SMP Negeri 13 Gorontalo, Skripsi, Gorontalo, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo, Tahun 2014.
Pengelolaan kelas berpengaruh signifikan dan positif terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMP Negeri 13 Gorontalo. Hal ini disebabkan pada hasil perhitungan persamaan regresi yaitu = 29,43 + 0,49X. Persamaan ini mengandung makna bahwa setiap terjadi perubahan atau peningkatan sebesar 29,43 unit pada variabel pengelolaan kelas maka akan diikuti oleh perubahan atau peningkatan rata-rata sebesar 0,49 unit pada variabel motivasi belajar siswa. Sedangkan pada hasil pengujian korelasi linier sederhana diperoleh 26,01%. Pada hasil perhitungan mengandung makna bahwa derajat pengaruh antara pengelolaan kelas dan motivasi belajar siswa sebesar 26,01%. Dalam arti bahwa 26,01% variasi yang terjadi pada motivasi belajar siswa dapat dijelaskan oleh pengelolaan kelas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengelolaan kelas yang semakin baik akan menumbuhkan dan meningkatkan motivasi siswa untuk belajar. Dapat dijelaskan pula bahwa semakin baik guru dalam mengelola kelas akan mampu merangsang siswa untuk lebih giat belajar baik di dalam kelas maupun di rumah. Karena sebagian dari penyebab meningkat atau menurunnya motivasi siswa untuk belajar adalah kinerja guru yaitu pengelolaan kelas.
Kata Kunci: Pengelolaan Kelas dan Motivasi Belajar Siswa.
Download berkas