Penulis / NIM
OPIN AHMAD / 911410077
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK
Opin Ahmad. Nim: 911410077. Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan pada materi pajak kelas VIIIA SMP Negeri 2 Wonosari. Program studi pendidikan ekonomi akuntansi fakultas ekonomi dan bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. 2014. Dibawah bimbingan ibu Dra.Hj. Salma Bowtha, M.Pd, dan ibu Radia Hafid, S.Pd, M.Si.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang tepatnya guru dalam memilih model pembelajaran serta rendahnya hasil belajar siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Wonosari pada mata pelajaran IPS khususnya materi pajak sehingga perlu dicari alternative pemecahan masalah dengan menerapkan proses pembelajaran yang lebih berorientasi pada siswa secara aktif. Subjek penelitian berjumlah 20 orang laki-laki berjumlah 10 orang dan perempuan berjumlah 10 orang. Variabel penelitian terdiri dari variable input, proses, dan output. Tahapan penelitian terdiri dari persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan, evaluasi, analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilaksanakan secara kuantitatif serta meggunakan kriteria penilaian prestasi belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIA. SMP Negeri 2 Wonosari tahun pelajaran 2013/2014 pada mata pelajaran IPS khususnya materi pajak.
Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Kartu Arisan
Download berkas