Penulis / NIM
MOHAMAD SATNES PADE / 911410078
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ASNA ANETA, M.Si / 0027125907
Pembimbing 2 / NIDN
ERMAN I RAHIM, S.Pd., MH / 0024127004
Abstrak
ABSTRAK
Mohamad Satnes Pade. 2015. Penerapan Nilai-Nilai Budaya Kerja di SMA Negeri 4 Kota Gorontalo. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Hj. Asna Aneta.,M.Si, dan Pembimbing II Erman I. Rahim, S.Pd., MH
Tujuan penelitian ini untuk mengetahi penerapan Nilai-nilai budaya kerja dan faktor pendukung dan penghambat Nilai-nilai budaya kerja di SMA Negeri 4 Kota Gorontalo.
Metode Penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai budaya kerja di SMA Negeri 4 Kota Gorontalo terdiri dari nilai-nilai sosial kerja Guru di SMA Negeri 4 Kota Gorontalo diwujudkan dengan keharmonisan yang terdiri dari rasa kebersamaan dan rasa saling memiliki yang tinggi di lingkungan sekolah selalu menjaga keharmonisan antara sesama guru tanpa perbedaan pangkat dan kedudukan, Nilai-nilai demokratik di sekolah selalu dijunjung tinggi di SMA Negeri 4 Kota Gorontalo tanpa perlakuan diskriminatif antara guru senior dengan junior, Nilai-nilai profesional guru di SMA Negeri 4 Kota Gorontalo diwujudkan dengan disiplin yaitu guru datang ke sekolah tepat waktu, nilai birokratik dalam penerapan Nilai-Nilai Budaya Kerja yaitu guru mengajar sesuai bidang studi yang menjadi spesialisasinya karena tuntutan sertifikasi, nilai ekonomik yaitu potongan-potongan pada gaji guru melalui musyawarah terlebih dahulu oleh kepala sekolah dan bendahara untuk menginformasikan alasan pemotongan gaji dan meminta persetujuan dari guru. Faktor pendukung dan penghambat Nilai-Nilai Budaya Kerja yaitu faktor penghambat umum terjadi di SMA Negeri 4 Kota Gorontalo bila ada kegiatan sekolah dan kedukaan warga sekolah, maka sebagian guru tidak hadir dalam kegiatan pembelajaran. Faktor pendukung berupa sarana perpustakaan menggantikan guru dalam mengajar dengan memberikan tugas kepada siswa untuk belajar di Perpustakaan sekolah.
Kata Kunci : Penerapan, Nilai-nilai Budaya Kerja
Download berkas