ABSTRAKSURAYYA. 911 410 079. 2013. Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VII SMP Negeri 2 Suwawa Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi Perkantoran, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Eknomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Ibu Meyko Panigoro, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing I dan Bapak Agil Bachsoan, S.Ag., M.Ag selaku pembimbing II.Penelitian ini bertujuan untuk mengukur besarnya pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VII SMP Negeri 2 Suwawa Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Adapun jumlah populasi penelitian sebanyak 133 orang siswa dengan penarikan sampel 25% dari jumlah populasi yaitu 33 orang siswa. Peneliti menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, dan angket. Sedangkan pada teknik analisis data, peneliti menggunakan analisis statistika parametrik dengan pengujian normalitas data yakni variabel X dan variabel Y. Untuk pengujian hiptesis, peneliti menggunakan pengujian regresi linier sederhana, selanjutnya digunakan uji linieritas dan uji keberartian.Dari hasil pengujian normalitas data yang telah dilakukan baik variabel X maupun variabel Y berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Untuk pengujian hipotesis diperoleh persamaan regresi yaitu = 45,68 + 0,43X. Persamaan ini mengandung makna bahwa setiap terjadi perubahan (penurunan atau peningkatan) sebesar 45,68 unit pada variabel X maka akan diikuti oleh perubahan (penurunan atau peningkatan) rata-rata sebesar 0,43 unit variabel Y. Hal ini berarti setiap terjadi perubahan (penurunan atau peningkatan) sebesar 45,68 unit pada variabel kompetensi pedagogik guru maka akan diikuti oleh perubahan (penurunan atau peningkatan) rata-rata sebesar 0,43 unit pada variabel aktivitas belajar siswa.Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik Guru dan Aktivitas Belajar Siswa.