Penulis / NIM
SUMANTI SY. MAHA / 911410083
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
Sumanti Sy Maha NIM 911 410 083 "Perbedaan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Brainstorming dan Case Studies Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Suatu Penelitian dikelas X SMA Negeri 1 Paleleh)" Skripi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis dibawah Bimbingan Ibu Meyko Panigoro, S.Pd M.Pd selaku Pembimbing I dan Bapak Agil Bachsoan S.Ag, M.Ag selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif Tipe Brainstorming dan Case Studies pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Paleleh. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dimana teknik tes dalam penelitian ini menjadikan tes sebagai alat ukur perbandingan hasil belajar kelas eksperimen (X1) dan kelas control (X2). Selain teknik tes untuk melakukan pengumpulan data digunakan teknik obsevasi.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe brainstorming sebesar 83,57, sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe case studies diperoleh 69,43. Sehingga hipotesis penelitian yang berbunyi "terdapat perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Brainstorming dan tipe Case Studies pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Paleleh" dapat diterima dan teruji kebenarannya. Dengan demikian dapat dipastikan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Brainstorming akan mendapatkan hasil belajar yang lebih baik, dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Case Studies.
Kata Kunci : Hasil belajar, Model pembelajaran kooperatif, Brainstorming, Case Studies.
Download berkas