Penulis / NIM
SLAMET S. MAGA / 911410084
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
IVAN RAHMAD SANTOSO, SE.I, MSI / 0002098302
Abstrak
ABSTRAK
Slamet S. Maga. NIM.911410084. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Game Turnament (TGT) Pada Mata Pelajaraan Ekonomi di Kelas XI IIS SMA Negeri Tolinggula.Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hamzah Yunus.,M.Pd dan Pembimbing II Ivan Rahmad Santoso,SEI.,Msi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni: apakah dengan mengunakan Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Game Turnament (TGT) Dapat Meningkatkan Hasil belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IIS?. Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IIS Pada Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Game Turnament di SMA Negeri I Tolinggula. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dibagi dalam dua siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan dua tahapan.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa setelah dilakukan tindakan kelas siklus I dan siklus II diperoleh peningkatan hasil belajar pelajaran ekonomi Melalui Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Game Turnament (TGT) Pada Siswa Kelas XI IIS satu SMA Negeri I Tolinggula yang mendapat nilai minimal 70 mencapai 17 orang (81%) sedangkan yang mendapat nilai di bawah 70 berjumlah 4 orang (19%).
Simpulan dalam penelitian ini yakni model pembealajaran Cooperatif Tipe Game Turnament (TGT) dapat digunakan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pelajaran Ekonomi pada kelas XI IIS satu SMA Negeri I Tolinggula.
KATA KUNCI: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Game Turnament (TGT)
Download berkas