Penulis / NIM
RISNAWATI IDRIS MUHRIDJA / 911410085
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
Risnawati I. Muhridja. 911 410 085. 2017. Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII SMP Negeri 1 Bonepantai Kabupaten Bonebolango. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan bapak DR. Rosman Ilato, M.Pd dan Melizubaida Mahmud, S.Pd., M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada mata pelajaran IPS terpadu dikelas VIII SMP Negeri 1 Bonepantai Kabupaten Bonebolango. Data dalam penelitian ini didapatkan dengan cara menyebarkan kuesioner atau angket kepada siswa SMP Negeri 1 Bonepantai Kabupaten Bonebolango, sehingga data dalam penelitian ini adalah data primer. Analisis data penelitian ini adalah regresi linear sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dari Lingkungan Belajar terhadap Prestasi belajar siswa pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bonepantai Kabupaten Bone Bolango. Sebesar 21,8% variabilitas Prestasi belajar siswa Mata pelajaran IPS Terpadu pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bonepantai Kabupaten Bone Bolango dapat dijelaskan oleh Lingkungan Belajar, sedangkan sisanya sebesar 78,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar
Download berkas