Penulis / NIM
MELANI J. KARAMA / 911410086
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
ABSTRAK
Meilani J. Karama, 2015: Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi dengan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual pada Kelas X di SMA Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Skripsi Sl Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. H. Rosman Ilaato, M.Pd dan Pembimbing II. Melizubaeda Mahmud, S.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi melalui Pendekatan Pembelajaran kontekstual di SMA Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Setting penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus dalam penelitian diawali dengan perencanaan tindakan, penerapan tindakan, mengobservasi dan mengevaluasi proses dan hasil tindakan, dan melakukan refleksi. Pada siklus I dilaksanakan tiga kali pertemuan dan pada siklus II dilaksanakan dua kali pertemuan sehingga keseluruhan lima kali pertemuan. Obyek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo dengan jumlah siswa 28 orang yang terdiri dari 13 orang siswa perempuan dan 15 orang siswa laki-laki. Alasan peneliti memilih metode Penelitian Tindakan Kelas, sebagai berikut (1) Hasil belajar siswa kurang memuaskan, rata-rata kelas sebesar 63 dan banyak siswa yang memiliki nilai kurang dari KKM yang telah ditentukan yakni 71; (2) Kelas tersebut susah dikondisikan dalam pembelajaran dibandingkan dengan kelas lain, Berdasarkan hasil pengolahan data dan pembahasan, maka disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari 7 orang menjadi 26 orang atau atau 25% menjadi 93% setelah diterapkan pendekatan pembelajaran kontekstual pada kelas X di SMA Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo.
Download berkas