SKRIPSI

Penulis / NIM
MELANI J. KARAMA / 911410086
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
ABSTRAK Meilani J. Karama, 2015: Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi dengan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual pada Kelas X di SMA Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Skripsi Sl Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. H. Rosman Ilaato, M.Pd dan Pembimbing II. Melizubaeda Mahmud, S.Pd Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi melalui Pendekatan Pembelajaran kontekstual di SMA Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Setting penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus dalam penelitian diawali dengan perencanaan tindakan, penerapan tindakan, mengobservasi dan mengevaluasi proses dan hasil tindakan, dan melakukan refleksi. Pada siklus I dilaksanakan tiga kali pertemuan dan pada siklus II dilaksanakan dua kali pertemuan sehingga keseluruhan lima kali pertemuan. Obyek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo dengan jumlah siswa 28 orang yang terdiri dari 13 orang siswa perempuan dan 15 orang siswa laki-laki. Alasan peneliti memilih metode Penelitian Tindakan Kelas, sebagai berikut (1) Hasil belajar siswa kurang memuaskan, rata-rata kelas sebesar 63 dan banyak siswa yang memiliki nilai kurang dari KKM yang telah ditentukan yakni 71; (2) Kelas tersebut susah dikondisikan dalam pembelajaran dibandingkan dengan kelas lain, Berdasarkan hasil pengolahan data dan pembahasan, maka disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari 7 orang menjadi 26 orang atau atau 25% menjadi 93% setelah diterapkan pendekatan pembelajaran kontekstual pada kelas X di SMA Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011