SKRIPSI

Penulis / NIM
ATHYCA FRANSISCA SOFYAN / 911410097
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK Athyca Fransisca Sofyan. 2014. Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII SMP Muhammadiyah Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi Perkantoran, Jurusan S1 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah Bimbingan Ibu Meyko Panigoro, S.Pd., M.Pd dan Bapak Agil Bachsoan, S.Ag., M.Ag. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur besarnya pengaruh kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMP Muhammadiyah Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dengan jumlah populasi 68 orang siswa dengan penarikan sampel adalah kesuluruhan dari jumlah populasi yaitu 68 orang siswa. Peneliti menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Sedangkan pada teknik analisis data, peneliti menggunakan analisis statistika parametrik dengan pengujian normalitas data yakni variabel X Kreativitas guru dan variabel Y Motivasi Belajar Siswa. Untuk pengujian hipotesis,peneliti menggunakan pengujian regresi linier sederhana, selanjutnya digunakan uji linieritas dan uji keberartian. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMP Muhammadiyah Tilango Kec. Tilango Kab. Gorontalo. Hal ini didasarkan pada persamaan regresi yaitu =37,91+0,39X. Persamaan ini mengandung makna bahwa apabila terjadi perubahan sebesar 37,91 pada variabel X (kreativitas guru) maka akn diikuti oleh perubahan rata-rata sebesar 0,39 pada varibel Y (motivasi belajar siswa). Sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,0676 atau 6,76%. Hal ini mengandung makna bahwa derajat pengaruh antara kreativitas guru dan motivasi belajar siswa sebesar 6,76%. Dalam arti bahwa 6,76% variasi yang terjadi pada motivasi belajar siswa dapat dijelaskan oleh kreativitas guru. Sehingga terdapat 93,24% variasi dipengaruhi oleh faktor lain yang belum dijelaskan dalam penelitian ini. Faktor-faktor tersebut diantaranya keterampilan guru, kemampuan/kompetensi guru, kinerja kepala sekolah dan lain sebagainya. Kata Kunci: Kreativitas Guru dan Motivasi Belajar Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011