Penulis / NIM
LISNAWATI LISA / 911410103
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
Lisnawati lisa, Nim 911410103. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui model Pembelajaran Koperatif STAD (Student Team Achievement Division ) Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di MTs Al-khairat Buntulia Kabupaten Pohuwato Gorontalo. Skripsi. Di bawah bimbingan Ibu Irina Popoi, S.Pd, M.Pd dan Bapak Roy Hasiru,S.Pd,M.Pd. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2014.Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran Koperatif tipy STAD (Student Team Achievement Division) pada mata pelajara IPS Terpadu, dapat meningkatkan hasil capaian yang diharapkan dari hasil KKMnya 70%. Pada siklus I hasil belajar yang belum sesuai target yang diharapkan antara lain disebabkan oleh beberapa aspek kegiatan guru yang belum terlaksana secara optimal pada siklus I. Setelah dilakukan perbaikan atau refleksi dan penyempurnaan aspek-aspek kegiatan belajar mengajar,yang belum berhasil sehingga dilakukan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan pada hasil pengamatan pelaksanaan siklus II yang menunjukan bahwa dari 27 siswa di kelas VIIIa MTs Alkhairat Buntulia tahun 2013/2014 yang dikenai tindakan memperoleh nilai 70 keatas terdapat 23 orang siswa (85,18%) dengan rata-rata 81,29%. Berdasarkan data nilai yang diperoleh dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD pada mata pelajaran IPS terpadu dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci : hasil belajar siswa,model pembelajaran tipe, STAD
Download berkas