SKRIPSI

Penulis / NIM
FITRIYANTI KATILI / 911410106
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Abstrak
Abstrak Fitri Yanti Katili, Nim: 911 410 106, " Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tari Bambu Di Kelas Viii-B Smp Negeri 1 Mananggu Kabupaten Boalemo ". Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2014. Di bawah bimbingan bapak Dr. Hamzah Yunus, M.Pd dan Ibu Meyko Panigoro S.Pd, M.Pd selaku pembimbing I dan II. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan pembelajaran tari bambu pada mata pelakaran IPS Terpadu di kelas VIII-B SMP Negeri 1 Mananggu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran tari bambu pada pelajaran IPS VIII-B SMP Negeri Mananggu. Variabel penelitian terdiri dari variabel input, variabel proses, dan variabel output, objek penelitian berjumlah 25 orang siswa. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan lemabar observasi kegaiatan guru dan kegaiatn siswa sera tes hasil belajar yang dilakukan secara bersiklus. Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis tindakan yang dikemukakan "jika digunakan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu pada mata pelajaran IPS Terpadu maka hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Mananggu akan Meningkat". Dapat diterima hal ini dapat dilihat dari 1 siswa yang memperoleh hasil belajar 70 ke atas meningkat dari 52% pada siklus 1 meningkat menjadi 80% pada siklus 2, 2 hasil pengamatan kegiatan guru yang termasuk kategori sangat baik dan baik meningkat dari 5,55% pada siklus 1 menjadi 66,66% pada siklus 2, 3) hasil pengamatan kegiatan siswa yang termasuk kategori sangat baik dan baik meningkat dari 7,14% pada siklus 1 menjadi 71,42% pada siklus 2. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tari Bambu
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011