SKRIPSI

Penulis / NIM
GUSTIN Y HUSUNA / 911410108
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
Abstrak Gustin Husuna, Nim: 911 410 108, " Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu melalui Penggunaan Model Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Matc ICM Pada Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 2 Paguat ". Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2014. Di bawah bimbingan Ibu Meyko Panigoro S.Pd, M.Pd selaku pembimbing I dan Bapak Roy Hasiru, S.Pd, M. Pd selaku pembimbing II. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah apakah penerapan model pembelajaran aktif tipe index card match dapat meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Paguat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan apakah penerapan model pembelajaran aktif tipe index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII-A SMP Negeri 2 Paguat. Variabel penelitian terdiri dari variabel input, variabel proses, dan variabel output, objek penelitian berjumlah 29 orang siswa. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar observasi kegiatan guru dan kegiatan siswa sera tes hasil belajar yang dilakukan secara bersiklus. Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis tindakan yang dikemukakan "jika digunakan model pembelajaran aktif tipe index card match pada mata pelajaran IPS Terpadu maka hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Paguat akan Meningkat". Dapat diterima hal ini dapat dilihat dari Hal ini terlihat dari 1 siswa yang memperoleh hasil belajar minimal 70 meningkat dari 34,48% saat observasi awal menjadi 48,27% siklus 1 dan meningkat lagi menjadi 82,75% hasil siklus 2, 2 hasil pengamatan kegaiatan guru yang termasuk ketegori sangat baik meningkat dari 9,52% pada siklus 1 menjadi 57,14% pada siklus 2, 3 hasil pengamatan kegiatan siswa yang termasuk kategori sangat baik meningkat dari 58,33% pada siklus 1 dan menjadi 66,67% pada siklus 2. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011