Penulis / NIM
KARLIN ARDAN / 911410110
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstrak
ABSTRAK
KARLIN ARDAN, 911410110. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Meke a Match Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMP Negeri 2 Mootilango Kabupaten Gorontalo, Pembimbing I Ibu Dra. Irina Popoi S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Ibu Badriyya Djula, S.Pd, M.Pd
Tujuan penelitian: Untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII B SMP Negeri 2 Mootilango kecamatan mootilango Kabupaten Gorontalo.
Metode penelitian: Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match.
Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Berdasarkan analisis data maka diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, yakni pada siklus I siswa yang memperoleh nilai rata-rata kelas mencapai 45,96% dan ketuntasan klasikal sebesar (4,61%) dan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 74,61% dan ketuntasan klasikal sebesar (6,46%). Dengan demikian hipotesis yang berbunyi "jika digunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada siswa kelas VIIIB Ekonomi di SMP Negeri 2 Mootilango Kabupaten Gorontalo, maka hasil belajar siswa akan meningkat".
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match"
Download berkas