SKRIPSI

Penulis / NIM
KARLIN ARDAN / 911410110
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstrak
ABSTRAK KARLIN ARDAN, 911410110. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Meke a Match Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMP Negeri 2 Mootilango Kabupaten Gorontalo, Pembimbing I Ibu Dra. Irina Popoi S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Ibu Badriyya Djula, S.Pd, M.Pd Tujuan penelitian: Untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII B SMP Negeri 2 Mootilango kecamatan mootilango Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian: Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Berdasarkan analisis data maka diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, yakni pada siklus I siswa yang memperoleh nilai rata-rata kelas mencapai 45,96% dan ketuntasan klasikal sebesar (4,61%) dan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 74,61% dan ketuntasan klasikal sebesar (6,46%). Dengan demikian hipotesis yang berbunyi "jika digunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada siswa kelas VIIIB Ekonomi di SMP Negeri 2 Mootilango Kabupaten Gorontalo, maka hasil belajar siswa akan meningkat". Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match"
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011