Penulis / NIM
INDRIYANI NALOLE / 911410111
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Ir. SYARWANI CANON, M.Si / 0024076506
Pembimbing 2 / NIDN
SRI INDRIYANI S DAI, SE, ME / 0024018402
Abstrak
ABSTRAK
INDRIYANI NALOLE, Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru terhadap Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango, Skripsi, Gorontalo, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo, Tahun 2014.
Keterampilan mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Hal ini disebabkan diperoleh koefisien determinasi (r2) sebesar 0,1521 atau 15,21%. Pada hasil perhitungan mengandung makna bahwa derajat pengaruh antara keterampilan mengajar guru dan aktivitas belajar siswa sebesar 15,21%. Dalam arti bahwa 15,21% variasi yang terjadi pada aktivitas belajar siswa dapat dijelaskan oleh keterampilan mengajar guru.Sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan mengajar guru sangat dibutuhkan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Pengaruh kedua variabel tersebut dapat lebih ditingkatkan jika guru mampu mengelolah kelas. Disamping itu, pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap aktivitas belajar siswa juga dapat ditingkatkan jika guru mampu menjelaskan materi dalam mengajar sehingga tercipta proses belajar yang menyenangkan.
Kata Kunci: Keterampilan Mengajar Guru dan Aktivitas Belajar Siswa.
Download berkas