SKRIPSI

Penulis / NIM
TJITRIYANTI POTABUGA / 911410113
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. RUSLI ISA, M.Si / 0006076604
Abstrak
ABSTRAK TJITRIYANTI POTABUGA,2014. Nim 911410113 " Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two pada mata pelajaran IPS terpadu di kelas VIII-B di SMP negeri 1 Bolaang". Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo tahun 2014. Dibawah bimbingan Ibu Meyko Panigoro, S.pd.,M.pd selaku bimbingan I dan Bapak Drs. Rusli Isa.,M.si selaku bimbingan II. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan rumusan masalah " Apakah dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of two dapat peningkatan Hasil belajar Siswa pada mata pelajaran IPS terpadu di Kelas VIII-B di SMP Negeri 1 Bolaang? Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Bolaang kabupaten Bolaang Mongondow, dengan subjek penelitian adalah kelas VIII-B tahun pelajaran 2014 yang berjumlah 34 siswa 18 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus. Variabel output dari penelitian ini berupa meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-B yang memperoleh nilai 75 pada mata pelajaran IPS meningkat dari 44,44% menjadi minimal 80%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus, proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of two dapat meningkatkan hasil belajar siswa dimana observasi awal siswa yang bejumlah 34 orang, hanya 44,44% siswa yang mendapat hasil belajar tuntas dengan rata-rata 75. Pada saat model pembelajaran dirubah dari ceramah menjadi model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two, hasil belajar siswa meningkat menjadi 70,58% yang tuntas belajar pada siklus I dan 82,36% yang tuntas belajar pada siklus II. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi " jika guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe The power Two maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu akan meningkat dan dapat diterima. Kata Kunci: Hasil Belajar siswa dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011