Penulis / NIM
TJITRIYANTI POTABUGA / 911410113
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. RUSLI ISA, M.Si / 0006076604
Abstrak
ABSTRAK
TJITRIYANTI POTABUGA,2014. Nim 911410113 " Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two pada mata pelajaran IPS terpadu di kelas VIII-B di SMP negeri 1 Bolaang". Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo tahun 2014. Dibawah bimbingan Ibu Meyko Panigoro, S.pd.,M.pd selaku bimbingan I dan Bapak Drs. Rusli Isa.,M.si selaku bimbingan II.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan rumusan masalah " Apakah dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of two dapat peningkatan Hasil belajar Siswa pada mata pelajaran IPS terpadu di Kelas VIII-B di SMP Negeri 1 Bolaang?
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Bolaang kabupaten Bolaang Mongondow, dengan subjek penelitian adalah kelas VIII-B tahun pelajaran 2014 yang berjumlah 34 siswa 18 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus. Variabel output dari penelitian ini berupa meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-B yang memperoleh nilai 75 pada mata pelajaran IPS meningkat dari 44,44% menjadi minimal 80%.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus, proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of two dapat meningkatkan hasil belajar siswa dimana observasi awal siswa yang bejumlah 34 orang, hanya 44,44% siswa yang mendapat hasil belajar tuntas dengan rata-rata 75. Pada saat model pembelajaran dirubah dari ceramah menjadi model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two, hasil belajar siswa meningkat menjadi 70,58% yang tuntas belajar pada siklus I dan 82,36% yang tuntas belajar pada siklus II. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi " jika guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe The power Two maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu akan meningkat dan dapat diterima.
Kata Kunci: Hasil Belajar siswa dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two
Download berkas