Penulis / NIM
NURLELA PAKAYA / 911410123
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HELDY VANNI ALAM, S.Pd., M.Si / 0030047602
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
Nurlela Pakaya, 2016. "Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Di SMA Negeri 4 Kota Gorontalo". Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dr. Hj. Heldy Vanni Alam, S.Pd.,M.Si dan pembimbing II Bapak Roy Hasiru, S.Pd.,M.Pd.
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah"Bagaimanakah Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Kota Gorontalo", sedangkan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Bagaimanakah Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Kota Gorontalo.
Metode analisis yang digunakan pada pelaksanaan penelitian ini adalah metode kualitatif yang pada dasarnya sebagai proses prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Dengan teknik pengumpulan data melalui analisis observasi, wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis domain, analisis taksonomi, dan analisis tema.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Di SMA Negeri 4 Kota Gorontalo adalah faktor Learning Disorder, yaitu keadaan dimana proses belajar mengajar terganggu karena timbulnya respon yang bertentangan.
Kata Kunci : Analisis Kesulitan Belajar Siswa
Download berkas