Penulis / NIM
FEBY BILALEYA / 911410126
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
Feby Bilaleya, 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIIIA Di SMP Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Meyko Panigoro, S.Pd.,M.Pd dan Pembimbing II Bapak Roy Hasiru, S.Pd., M.Pd
Penelitian bermaksud untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIIIA di SMP Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Rumusan dalam penelitian ini adalah Apakah Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Geams Tournament (TGT) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo?.
Setelah penelitian tindakan kelas ini dilakukan dari observasi awal sampai ke siklus II, maka terbukti dapat menerima hipotesis yang diajukan : Dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Paguyaman hasil belajar siswa dapat meningkat. Ini dapat dilihat dan dibandingkan siklus I siswa yang memperoleh nilai minimal 75 adalah 48,15% dan siklus II mencapai 88,89%
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam pelajaran IPS Terpadu Kelas VIIIA di SMP Negeri 1 Paguyaman hasil belajar siswa dapat meningkat dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan sesuai dengan hasil penelitian pada siklus I dan siklus II.
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dan Hasil Belajar Siswa
Download berkas