Penulis / NIM
DARMANTO OLII / 911410131
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MUHAMMAD AMIR ARHAM, M.E. / 0025077203
Pembimbing 2 / NIDN
IVAN RAHMAD SANTOSO, SE.I, MSI / 0002098302
Abstrak
ABSTRAK
Darmanto Olii , 2016. Pengaruh Keterampilan Variasi Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Dr. Muh. Amir Arham., ME dan Pembimbing II Bapak Ivan R. Santoso, SEI., M.Si
Permasalahan dalam penelitian ini adalah : "Apakah Terdapat Pengaruh Keterampilan Variasi Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango ?" Sementara itu yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Seberapa Besar Pengaruh Keterampilan Variasi Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jumlah populasi 122 orang siswa, dari populasi dilakukan pengambilan sampel sebesar 25% atau 30 orang. Adapun tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi dan untuk mengukur tingkat signifikansi dan linieritas persamaan regresi dengan menggunakan rumus uji linieritas dan uji keberartian dan dilanjutkan dengan analisis Koefisiensi Korelasi. Dengan variabel X yaitu Keterampilan Variasi Mengajar Guru, dan variabel Y yaitu Motivasi Belajar Siswa. Sesuai dengan metode penelitiannya, maka data yang telah diperoleh dari penyebaran angket yang dianalisis secara statistik dengan menggunakan uji regresi dan korelasi.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa "Terdapat Pengaruh yang positif antara Keterampilan Variasi Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango". Hal ini terlihat dimana Pengaruh Keterampilan Variasi Mengajar Guru sebesar 16,81%, dengan demikian hipotesis menyatakan bahwa H1 diterima sedangkan H0 ditolak.
Kata Kunci : Variasi Mengajar & Motivasi Belajar
Download berkas