Penulis / NIM
ASTI ISMIASIH / 911410133
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstrak
ABSTRAK
Asti Ismiasih, Nim 911410133. 2015. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Cooperativ Tipe Pair Check Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Dulupi".Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Pendidikan Ekonomi Tata Niaga Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Meyko Panigoro, S.Pd,M.Pd dan Pembimbing II Ibu Badriyah Djula, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPS Terpadu melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar pengamatan kegiatan guru, kegiatan siswa dan lembar tes. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Dulupi, siswa yang ditetapkan sebagai obyek penelitian yaitu siswa kelas VIIa dengan jumlah siswa 24 orang, laki-laki berjumlah 10 orang dan perempuan 14 orang.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa "Jika Guru menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Pair Check maka akan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu" hal ini telah teruji dan dapat diterima karena didukung dengan hasil analisis data : (1) hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 sebesar 45,9% atau 11 orang yang memperoleh nilai 70 ke-atas dan pada siklus I pertemuan 2 terjadi peningkatan ketuntasan belajar sebesar 54,1% atau 13 orang yang memperoleh nilai diatas 70, selanjutnya pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 87,5% atau 21 orang yang memperoleh nilai diatas 70. (2) untuk hasil pengamatan kegiatan guru yang termasuk kategori Sangat Baik dan Baik meningkat dari 60% pada silkus I pertemuan 1 menjadi 83,33% pada siklus I pertemuan 2, dan lebih meningkat menjadi 100% pada siklus II. (3) hasil pengamatan kegiatan siswa yang termasuk kategori Sangat Baik dan Baik meningkat dari 52,17% pada siklus I pertemuan 1 menjadi 73,91% pada siklus I pertemuan 2 dan pada siklus II meningkat menjadi 95,66%.
Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check, Pelajaran IPS Terpadu.
Download berkas