Penulis / NIM
GREIS DALI / 911410134
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
Greis Dali, NIM : 911 410 134, "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Active Learning Guide Teaching pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Milangoda'a Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan''. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2014. Di bawah bimbingan Ibu Dra. Irina Popoi, S.Pd., M.Pd dan Bapak Roy Hasiru, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing I dan II.
Tujuan penelitian adalah Meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran active learning guide teaching pada mata pelajaran ekonomi di kelas Xa SMA Negeri 1 Milangoda'a Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Subjek yang dikenakan tindakan kelas adalah siswa kelas Xa SMA Negeri 1 Milangoda'a Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan tahun pelajaran 2013/2014. Variabel penelitian terdiri dari variabel input, variabel proses, dan variabel ouput. Objek penelitian berjumlah 26 siswa. Pengumpulan dan penelitian ini menggunakan lembar observasi kegiatan guru dan kegiatan siswa serta tes hasil belajar yang dilakukan secara bersiklus.
Berdasarkan analisis data maka diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi, yakni pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata kelas mencapai 7,27 % dan ketuntasan klasikal sebesar 61,54 %. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 8,51 % dan ketuntasan klasikal meningkat menjadi 88,46 %. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi "Jika digunakan model pembelajaran active learning guide teaching pada siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Milangoda'a Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, maka hasil belajar siswa akan meningkat dapat diterima".
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Active Learning Guide Teaching
Download berkas