Penulis / NIM
SEPTIAN PASAMBUNA / 911410140
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Ir. SYARWANI CANON, M.Si / 0024076506
Pembimbing 2 / NIDN
FRAHMAWATI BUMULO, SE.,M.Si / 0031127801
Abstrak
ABSTRAK
SEPTIAN PASAMBUNA. 2015. "Perbedaan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Talking Stick Dan Snowball Drilling Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas VII SMP Negeri 6 Kota Gorontalo". Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Bapak Dr. Ir. Syarwani Canon., M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Frahmawati Bumulo, SE., M.Si selaku pembimbing II.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stick dan Snowball Drilling di SMP Negeri 6 Kota Gorontalo belum optimal diterapkan oleh beberapa guru. Oleh karena itu tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengukur hasil belajar siswa melalui pengunaan model pembelajaran Talking Stick dan Snowball Driling dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas VII SMP Negeri 6 Kota gorontalo.
Penelitian ini menggunakan model kuantitatif, dengan jumlah populasi 334 orang siswa, dari populasi peneliti melakukan pengambilan sampel sebanyak 33 orang siswa diambil dari kelas VII-I sebagai kelas eksperimen yang akan mengunakan model pembelajaran Talking Stick dan 34 orang siswa diambil dari kelas VII-II sebagai kelas kontrol yang akan mengunakan model pembelajaran Snowball Drilling, sehingga total sampel keseluruhan adalah 67 orang siswa. Adapun teknik pengumulan data pada penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik prametrik uji kesamaan dua rata-rata dengan cara melakukan pendekatan-pendekatan statistik dalam pengujian hipotesis seperti pengujian homogenitas varians populasi, dengan maksud untuk mengetahui keseragaman kelas eksperiman dan kelas kontrol sebagai objek penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasannya, peneliti dapat menyimpulkan bahwa "Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajarkan dengan model Talking Stick dan Snowball Drilling pada mata pelajaran IPS terpadu" hal ini terlihat dimana diperoleh nilai Thitung > Ttebel yaitu 3,63>2,65.
Kata kunci: Talking Stick dan Snowball Drilling
â
Download berkas