SKRIPSI

Penulis / NIM
SUWARDI KEI / 911410142
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
Abstrak Suwardi Kei, Nim : 911 410 142, "Penggunaan Model Pembelajaran Aktif (Tipe Guided Teaching) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VIII-1 SMP Negari 2 Botomoito Kabupaten Boalemo". Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2014. Di bawah bimbingan ibu Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd dan Melizubaida Mahmud, S.Pd, M.Si selaku pembimbing I dan II. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran aktif tipe Guided Teaching pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII-1 SMP Negeri Botumoito. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran aktif tipe Guided Teaching pada pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Botumoito. Variabel penelitian terdiri dari variabel input, variabel proses, dan variabel output, objek penelitian berjumlah 25 orang siswa. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan lemabar observasi kegaiatan guru dan kegaiatn siswa sera tes hasil belajar yang dilakukan secara bersiklus. Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis tindakan yang dikemukakan "jika digunakan model pembelajaran Aktif Tipe Guided Teaching pada mata pelajaran IPS Terpadu maka hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Botumoito akan meningkat". Dapat diterima Hal ini dapat dilihat dari 1) siswa yang memperoleh hasil belajar 70 ke atas meningkat dari 54,16% pada siklus 1 meningkat menjadi 70,83% pada siklus 2, 2) hasil pengamatan kegiatan guru yang termasuk kategori sangat baik dan baik meningkat dari 12,5% pada siklus 1 menjadi 43,75% pada siklus 2, 3) hasil pengamatan kegiatan siswa yang termasuk kategori sangat baik dan baik meningkat dari 10% pada siklus 1 menjadi 30% pada siklus 2. Kata Kunci: Penggunaan Model Pembelajaran Aktif Tipe Guided Teaching, Hasil Belajar Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011