SKRIPSI

Penulis / NIM
SASMITA HAIRIA LAUMA / 911410143
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstrak
ABSTRAK Sasmita Hairia Lauma, Nim 911410143, 2014. "Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas IX MTs Negeri Bolangitang Timur Kec. Bolangitang Timur, Kab. Bolaang Mongondow Utara". Skripsi, (Dibimbing oleh Ibu Hj. Dra. Salma Bowtha, M.Pd dan Ibu Badriyyah Djula, S.Pd, M.Pd). Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Tata Niaga, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MTs Negeri Bolangitang Timur pada mata pelajaran IPS Terpadu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan analisis data yang dilakukan peneliti dapat dikemukakan bahwa antara variabel X atau pengaruh keterampilan mengajar guru yang ditinjau dari keterampilan penguatan, menjelaskan, bertanya, membuka dan menutup pelajaran dengan variabel Y atau motivasi belajar siswa yang ditinjau dari adanya hasrat, dorongan, harapan, penghargaan, kegiatan yang menarik, dan lingkungan belajar yang kondusif adalah sebesar 22,17%. Nilai ini menunjukkan adanya pengaruh antara keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa dan sisanya 77,83% merupakan pengaruh dari faktor lain yang tidak didesain dalam penelitian ini seperti perhatian orang tua dan lain sebagainya. Kurangnya penguasaan keterampilan mengajar yang dimiliki oleh guru dalam mengajar menyebabkan kurangnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas IX MTs Negeri Bolangitang Timur. Hal ini harus menjadi perhatian dari para guru dan pihak sekolah, karena pengaruh yang berasal dari guru lebih kecil pengaruhnya dibandingkan dengan pengaruh yang ditimbulkan oleh faktor-faktor lain yang tidak didesain dalam penelitian ini. Hasil ini juga sekaligus menunjukkan bahwa hipotesisi penelitian yang berbunyi terdapat pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di MTs Negeri Bolangitang Timur terbukti diterima. Kata Kunci: Keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar siswa.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011