SKRIPSI

Penulis / NIM
DESRIN IBRAHIM / 911410154
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. RUSLI ISA, M.Si / 0006076604
Abstrak
ABSTRAK Desrin Ibrahim. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Gorontalo: Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Negeri Gorontalo. 2014.Pembimbing I Dra.Hj. Salma Bowtha, M.Pd dan Pembimbing II Drs.Rusli Isa.,M.Si. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan apakah penggunaan model Pembelajaran Maind Mapping pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hipotesis pada penelitian ini adalah jika digunakan model pembelajaran Maind Mapping pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo, maka hasil belajar siswa dapat meningkat, dengan indikator kerja adalah jumlah siswa yang mencapai keberhasilan belajar minimal 75 mencapai 75%. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Dalam penelitian ini terdapat 3 variabel yang digunakan yaitu variabel input, variabel proses dan variabel output. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IX7 SMP Negeri 1 Gorontalo yang berjumlah 31 siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi, wawancara dan pemberian tes. Sebagai kesimpulan dari penelitian adalah 1). Setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Maind Mapping, jumlah siswa yang memperoleh nilai minimal 75 meningkat dari 73.88% saat observasi awal menjadi 74.20% hasil siklus I dan meningkat lagi menjadi 87.10% setelah siklus II. 2). Kegiatan guru yang termasuk pada kategori sangat baik dan baik meningkat dari 78.57% hasil siklus I menjadi 92.86% hasil siklus II. 3). Kegiatan siswa yang termasuk pada kategori sangat baik dan baik meningkat dari 70% hasil siklus I menjadi 90% hasil siklus II. Kata Kunci : Model Pembelajaran Mind Mapping, Hasil Belajar�
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011