Penulis / NIM
RISNAWATI AKUBA / 911410157
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK
Risnawati Akuba, NIM 911 410 157. "Penerapan Model Pembelajaran CooperativeTipe Think Pair Share Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII SMP Negeri 7 Telaga BiruKabupaten Gorontalo. Skripsi. Dibawah Bimbingan Bapak Dr. H. Usman Moonti, M.Si Dan Ibu Radia Hafid, S.Pd, M.Si. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2014.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS)pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hipotesis penelitian adalah "jika menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran IPS, maka hasil belajar siswa pada kelas VIII SMP Negeri 7 Telaga Biru akan meningkat", dengan indikator penelitian : dimana bila siswa memperoleh nilai atau hasil belajar mengalami ketuntasan yaitu 75 akan meningkat dari 45% menjadi 80%.
Hasil belajar yang belum sesuai target yang diharapkan antara lain disebabkan oleh beberapa aspek kegiatan guru yang belum terlaksana secara optimal pada siklus I. Setelah dilakukan perbaikan dan penyempurnaan aspek-aspek kegiatan belajar mengajar, pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan pada hasil pengamatan pelaksanaan siklus II yang menunjukkan bahwa dari 31 siswa dikelas VIII SMP Negeri 7 Telaga Biru tahun 2013/2014 yang dikenai tindakkan memperoleh nilai 75 keatas terdapat 27 orang siswa (87,1%) dengan rata-rata 82,09. Berdasarkan data analisis nilai yang diperoleh dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Think Pair Share.
Download berkas