SKRIPSI

Penulis / NIM
RANTI HASAN / 911410162
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
IRWAN YANTU, S.Pd., M.Si / 0020107305
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
ABSTRAK Ranti Hasan. 2014. "Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kreativitas Mengajar Guru Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Bolaang Uki Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan". Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Perkantoran, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisinis, Universitas Negeri Gorontalo di bawah bimbingan Bapak Irwan Yantu, S.Pd., M.Si dan Ibu Melizubaida Mahmud, S.Pd., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menunjang dan menghambat kreativitas mengajar guru mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini dilakukan pada guru mata pelajaran ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan yang menjadi sumber data atau informan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran ekonomi. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Teknik observasi dan wawancara ini bertujuan untuk mengamati keadaan sekolah terutama pada kreativitas mengajar guru dan untuk melakukan dialog atau percakapan dengan guru yang bersangkutan dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan tentang kreativitas mengajar guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang menunjang dan faktor yang menghambat kreativitas mengajar guru. Adapun faktor yang menunjang kreativitas mengajar guru terbagi menjadi dua macam yaitu secara umum dan secara khusus. Faktor yang menunjang kreativitas mengajar guru secara umum meliputi ketersediaan alat peraga dan pemilihan metode yang tepat. Sedangkan faktor yang menunjang kreativitas mengajar guru secara khusus yaitu buku dan LCD. Selain itu, faktor yang menghambat kreativitas mengajar guru terbagi atas faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern meliputi jiwa dan semangat didalam diri pribadi seseorang terutama pada guru mata pelajaran ekonomi, sedangkan faktor ekstern yaitu tidak tersedianya alat peraga dan lingkungan. Oleh karena itu dengan keterbatasan media pembelajaran dan lain sebagainya maka guru yang kreatif itu harus mampu menciptakan ide atau gagasan baru sehingga dalam proses belajar mengajar akan lebih efektif dan efisien dan hal itu nanti akan berpengaruh pada hasil belajar siswa. Kata Kunci : Kreativitas Mengajar Guru
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011